oleh

Rayakan HUT PPWI Ke 13  dan Rapat Diskusi, Banyak Sekali Pencerahan Didapat

Mediainvestigasi.com.blankWarga Indonesia (PPWI), Rayakan HUT PPWI ke 13 tahun, dan mengadakan rapat diskusi bersama seluruh pengurus se Lampung dan Sumatera.
Banyak sekali yang didapat dalam rapat dan diskusi ini. Hal ini juga dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke 13. Kali ini diadakan di Lampung Tengah tepatnya di Kebun Credo Bandar Jaya Timur  pada hari Rabu (11/11/2020).

Ketua Umum PPWI Pusat Wilson Lalengke S.PD, M.SC, MA dalam arahan nya di Rapat Diskusi menyatakan, Alhamdulillah pada hari ini kita bisa merayakan HUT PPWI yang ke 13 bersama teman-teman yang di Lampung dan sesumatra.

Dirinya berharap, agar semua yang tergabung di PPWI, agar supaya bisa belajar dan teruslah bermanfaat memberikan informasi kepada khalayak ramai dengan menyajikan informasi yang baik dan benar, tidak hoak, katanya.
Maka dari itu saya minta, “dengan cara mengikuti Diklat-diklat yang diadakan PPWI, maka kita akan terlatih untuk menulis yang baik dan benar, sesuai dengan undang-undang Pers nomor 40 Tahun 99 dan taat  kode etik,” harapnya.
Usai acara sesi pertama, dilanjutkan dengan acara diskusi tanya jawab,  membahas permasalahan seputar penulisan yang baik dan benar atau pembuatan berita.
Dalam sesi tanya jawab diskusi tersebut, masing-masing perwakilan Wilayah menanyakan juga memberikan masukkan, pada teman-teman yang yang kurang memahami cara penulisan.

Salah satunya DPC PPWI Lampung Timur Muhammad aini.Dirinya menyampaikan dalam diskusi tersebut mengatakan, bahwa saya  sering menjumpai tulisan teman-teman itu adanya sering melewatkan kan rumus 5W 1H nya katanya.
Dilanjutkannya, apa itu 5W 1H nya, Yakni; apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana. Disitu saya sering membaca berita teman-teman ada yang terlewatkan, Yakni waktu dan tempatnya, jelasnya.
Lalu untuk pemberitaan investigasi atau kriminal lah, tentunya kita harus konfirmasi orang yang yang dituduhkan atau pelakunya. Jangan sampai tidak dikonfirmasi. Pasalnya, bila orang yang dituduhkan tersebut tidak terima dan berita itu tidak benar, takutnya akan jadi Boomerang bagi kita, bahkan bisa jadi pidana takutnya. jadi kita harus lebih memahami dan waspada di situ.
Sementara itu, Dewan Penasehat PPWI Pusat, Nanang Prihantoro juga memberi masukan dan menyampaikan kepada teman-teman di seluruh Nusantara maupun di luar.
Bahwa untuk teman-teman semua, pemberitaan itu banyak sekali berita yang sipatnya kriminal dan seremonial nya. Nah, disini saya harapkan kedepannya, agar seperti berita-berita Olahraga, Seni Budaya, Inovatif dan hiburan, agar juga bisa lebih dominan, sehingga kita akan lebih berwibawa saya rasa, pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Baru Lainya