oleh

Peringati Hari Armada, Jalasenastri Armada III Membantik Canting

Mediainvestigasi.com

Papua Barat – Dalam rangka memeringati Hari Armada Tahun 2020, segenap anggota Jalasenastri Armada III dan anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) mengikuti kegiatan membatik dengan canting selama tiga hari di kompeks Rumjab Koarmada III Jl. Poros Katapop, Desa Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, Rabu (16/12/2020).

Kegiatan membatik canting ini diawali doa, kemudian bersama-sama Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Bertiana Dadi Hartanto, Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Happy Maman Firmansyah dan para Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III.

Proses canting yaitu membuat skets gambar pada kain putih dengan motif yang telah disiapkan. Membatik dipandu secara langsung Ny. Budiarso dan dilaksanakan di tempat terbuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Canting yang dipakai terbuat dari tembaga dengan gagang dari bamboo. Terlihat segenap anggota Jalasenastri dan Kowal terampil memerhatikan ujung dari canting atau biasa disebut cucuk, mempunyai lubang bervariasi untuk menentukan besar kecilnya motif yang diinginkan. Kemudian memegang canting dengan sedikit agak naik lalu tiup lubang canting dan aplikasikan ke kain.(Ezl)
Sumber : Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Baru Lainya