oleh

Aspers Kasal Beri Pembekalan Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan ke-50 TA 2020

 

 

Mediainvestigasi.com.Surabaya – Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M. Tr (Han) memberi pembekalan kepada siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-50 Ta 2020 yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal), Senin, (14/12/2020)

Pembekalan yang digelar di Gedung Moeljadi Kodiklatal Bumimoro Surabaya tersebut diikuti 331 Siswa Diktukpa yang berasal dari tiga Kodik dibawah Kodiklatal. Ketiga Kodik tersebut adalah Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum.

Hadir dalam pembekalan tersebut Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dan para pejabat utama Kodiklatal antara lain Wadan Kodiklatal, para Direktur, para Komandan Kodik dan Puslat serta para Komandan Pusdik dijajan Kodiklatal

Dari 331 Siswa Diktukpa angkatan ke-50 ini terdiri Korps Pelaut 66 orang korps Teknik 43 orang korps Elektro 19 orang korps Suply 43 orang korps Kesehatan 31 orang korps Marinir 86 orang korps KHusus 20 orang dan korps Polisi Militer PM 23 orang

Mengawali pembekalannya Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M. Tr (Han) menyampaikan bahwa Visi Kasal adalah Terwujudnya TNI AL yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. Sedangkan misinya adalah mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional, tangguh dan berkarakter, membangun struktur kekuatan TNI AL dengan manajemen organisasi modern, efektif dan efisien.

Misi yang lain adalah mewujudkan Sistem Senjata Angkatan Laut (SSAT) yang terintegrasi, memiliki tingkat kesiapan operasional yang tinggi dan menggunakan teknologi mutakhir serta memiliki interoperability dan Membina kekuatan dan kesiapan operasional TNI AL sebagai kekuatan utama matra laut yang mampu dan tangguh dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI

Menurutnya sebagai seorang perwira telah diikat dalam sumpah antara lain perwira akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik – baiknya terhadap Bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945, akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga.

Sorang perwira juga akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan, membangun karsa, serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar dan akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa. Selain itu perwira haruslah Profesional, Educated, responsibility, wise, inovatif / inisiative, rational dan acceptable.

Dalam kehidupan sehari hari sorang perwira harus berpedoman kepada pancasila, sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, kode etik perwira, azas-azas kepemimpinan TNI, trisila TNI AL dan hree dharma shanty. selain itu perwira harus memahami empat etiket perwira yaitu sikap dan kepribadian perwira, etiket dalam kehidupan militer, etiket dalam kehidupan sosial/bermasyarakat dan etiket surat menyurat dan penggunaan alat komunikasi.(Ezl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Baru Lainya